Reflection Modelling
Definisi
Refleksi
Merupakan suatu transformasi yang mencerminkan suatu objek.
Merupakan suatu transformasi yang mencerminkan suatu objek.
Sifat-sifat Refleksi
a.
Dua refleksi
berturut-turut terhadap sebuah garis merupakan suatu identitas, artinya yang
direfleksikan tidak berpindah.
b.
Pengerjaan dua refleksi terhadap dua sumbu
yang sejajar, menghasilkan translasi (pergeseran) dengan sifat:
o
Jarak bangun
asli dengan bangun hasil sama dengan dua kali jarak kedua sumbu pencerminan.
o
Arah
translasi tegak lurus pada kedua sumbu sejajar, dari sumbu pertama ke sumbu
kedua. Refleksi terhadap dua sumbu sejajar bersifat tidak komutatip.
c.
Pengerjaaan
dua refleksi terhadap dua sumbu yang saling tegak lurus, menghasilkaan rotasi
(pemutaran) setengah lingkaran terhadap titik potong dari kedua sumbu
pencerminan. Refleksi terhadap dua sumbu yang saling tegak lurus bersifat
komutatif.
d.
Pengerjaan dua refleksi berurutan terhadap dua
sumbu yang berpotongan akan menghasilkan rotasi (perputaran) yang bersifat:
·
Titik potong
kedua sumbu pencerminan merupakan pusat perputaran.
·
Besar sudut perputaran
sama dengan dua kali sudut antara kedua sumbu pencerminan.
·
Arah
perputaran sama dengan arah dari sumbu pertama ke sumbu kedua.
Pemantulan cahaya dibagi atas 2
bagian yaitu :
1. Specular Reflection Pantulan sinar
cahaya pada permukaan yang mengkilap dan rata seperti cermin yang memantulkan
sinar cahaya kearah yang dengan mudah dapat diduga.
2. Diffuse Reflection Pantulan sinar
cahaya pada permukaan tidak mengkilap seperti pada kertas atau batu. Pantulan
ini mempunyai distribusi sinar pantul yang tergantung pada struktur mikroskopik
permukaan
Analisa :
Reflection Modelling adalah salah
satu model dari beberapa jenis model grafik komputer. reflection adalah sebuah
pantulan atau cerminan yang mentransformasikan sebuah objek. Pantulan sebuah
objek juga dilihat dari arah dan letak sebuah objek terhadap sebuah cerminan,
yaitu pada sumbu yang sejajar, saling tegak lurus, dan berpotongan. Jika
pantulan sinar cahaya jatuh di permukaan yang mengkilap maka cerminan dari
objek tersebut hampir sama dengan objek asli, ika sinar cahaya jatuh di
permukaan yang tidak mengkilap maka cerminan dari objek tersebut tidak sama
dengan objek asli .
Referensi :
·
Grafik Komputer 2.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar