Pengantar Teknologi Game
Initial State
Initial state yang digunakan
sebagai acuan untuk membuat game battle invoker ini adalah bagaimana caranya
untuk memenangi pertarungan satu lawan satu dengan waktu yang sudah ditentukan
dan mendapatkan poin sebanyak mungkin. Pada dasarnya, konsep projek game yang
dibuat cukup sederhana, hanya menggunakan tiga tombol yaitu tombol atas untuk
melompat, bawah untuk menghindar, dan spasi untuk menyerang. Berikut ini adalah
tampilan awal game.
Gambar1.2
Pada Gambar 1.1 adalah screen dari
tampilan window loading sebelum masuk ke tampilan awal game tersebut, kemudian Gambar
1.2 merupakan tampilan awal dari game Battle Invoker tersebut. Pada menu awal game ini,
terdapat 3 pilihan
menu yaitu:
·
Start : tombol
untuk memulai game
·
About : tombol untuk penjelasan tentang program
·
Exit : tombol
untuk keluar dari program
Rules
·
Pemain harus melompat terlebih dahulu untuk menyerang
lawan. Pemain dapat menghindari serangan jika berada di belakang tembok.
·
Pemain yang mendapat poin terbanyak dari batas waktu yang
ditentukan, maka pemain itu lah yang akan menang.
Goals
Goal(tujuan)
dalam permainan ini adalah user harus menyelesaikan permainan dengan
memenangkan permainan melawan AI dengan mendapatkan poin sebanyak-banyaknya
dalam waktu yang telah ditentukan.
Jika
pertandingan dimenangkan oleh user, maka akan muncul message box seperti ini:
Jika user dikalahkan
oleh AI, maka
akan muncul message box seperti ini:
Jika pertandingan seri, maka akan muncul message box seperti ini:
Konsep AI
Konsep
AI dari game ini dimana AI melakukan suatu keputusan yang sangat tepat untuk
dapat memenangi pertarungan. AI itu sendiri merupakan suatu kecerdasan yang
ditunjukkan oleh suatu entitas buatan yang dalam penggunaannya bertujuan untuk
memberi perlawanan terbaik. Kecerdasan buatan atau yang disebut juga dengan AI pada game
ini yaitu terletak pada komputer yang bertindak sebagai lawan user dimana
komputer yang berusaha menyerang user dengan cara memberikan perlawanan untuk mengalahkan
lawannya dengan menembak lawan hingga mengenai lawan dan akan mendapatkan poin.
Algoritma
yang digunakan pada Game battle invoker ini adalah forward chaining
yaitu merupakan metode inferensi yang melakukan penalaran dari suatu masalah
kepada solusinya. Jika klausa premis sesuai dengan situasi (bernilai TRUE),
maka proses akan menyatakan konklusi. Forward chaining adalah data-driven karena inferensi dimulai dengan
informasi yang tersedia dan baru konklusi diperoleh. Jika suatu aplikasi
menghasilkan tree yang lebar dan tidak dalam, maka gunakan forward chaining.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar